Yuk, Intip Keuntungan Reksadana Bagi Investor Pemula!

  • Whatsapp
Yuk-Intip-Keuntungan-Reksadana-Bagi-Investor-Pemula
Sumber gambar: pixabay.com

Mendengar kata investasi, dulu pasti identik dengan modal besar, pengusaha sukses dan usia yang cukup matang. Namun dengan berkembangnya teknologi dewasa ini, langkah investasi bisa diambil oleh para kaum muda sekalipun. Sebab ada investasi reksadana dengan modal kecil dan dijual secara online. Apa, sih keuntungan reksadana?

Ada banyak keuntungan yang diberikan oleh instrumen investasi reksadana. Salah satunya, seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu modal yang kecil atau terjangkau bagi investor pemula. Sebab itulah, mengapa jenis investasi ini cukup menjanjikan dan menggiurkan bagi mereka yang baru memulai investasinya. Agar lebih jelas, kita kenali dulu apa itu reksadana.

Pengertian dan Jenis Reksadana

Reksadana merupakan wadah untuk mengumpulkan dana dari para investor, yang akan dipakai untuk berinvestasi pada instrumen keuangan lain seperti saham dan juga obligasi. Dimana investasi ini nantinya akan dikelola oleh manajer investasi yang andal dan profesional. Sehingga para investor pemula tidak perlu repot memantau seperti halnya investasi saham tetapi akan menerima return yang diinginkan.

Ada banyak jenis reksadana yang bisa Anda pilih sebagai investasi. Pilihan tergantung pada tujuan Anda berinvestasi serta berapa banyak modal yang akan diinvestasikan. Berikut ini beberapa jenis investasi reksadana yang bisa Anda pilih dan juga cara kerjanya.

1. Reksadana Pasar Uang

Pada jenis ini, seluruh uang investor dialokasikan bagi SBI, deposito dan juga obligasi. Jatuh tempo jenis investasi ini kurang dari setahun, cocok bagi investasi jangka pendek Anda. Risikonya pun terbilang kecil, tetapi return-nya juga tidak terlalu besar.

2. Reksadana Saham

Sesuai namanya, jenis investasi ini 80% dialokasikan pada saham. Seperti umumnya investasi saham, risikonya terbilang tinggi tetapi dengan return yang juga tinggi. Oleh karenanya lebih cocok untuk investasi jangka panjang.

3. Reksadana Pendapatan Tetap

Jangan salah mengartikan nama jenis investasi ini. Sebab bukan berarti dengan memilih jenis investasi ini Anda akan mendapat pendapatan investasi yang tetap per bulannya.

Melainkan dana investor sebagian besar akan dialokasikan pada instrumen investasi pendapatan tetap seperti obligasi. Dimana jatuh tempo dari investasi tersebut lebih dari setahun. Manajer investasi akan secara aktif melakukan trading untuk menghasilkan capital gain atau selisih harga untuk keuntungan Anda.

Risikonya cukup tinggi, begitu pula dengan keuntungan yang didapat. Namun masih lebih aman dibandingkan reksadana saham.

4. Reksadana Campuran

Jenis investasi yang dananya dialokasikan untuk pasar uang, obligasi dan juga saham. Cocok untuk investasi jangka menengah antara 3-5 tahun lamanya.

5. Reksadana Terproteksi

Jenis reksadana yang direkomendasikan bagi investor pemula. Dana dialokasikan pada instrumen pendapatan tetap yaitu obligasi atau surat utang. Dengan begitu risiko yang diberikan terbilang rendah dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Dengan memilih jenis investasi ini, ada banyak keuntungan reksadana yang bisa Anda dapatkan. Modal pokok Anda akan dilindungi 100% selama masih memegang kepemilikan obligasi hingga jatuh tempo. Selain itu masih ada pembagian dividen berupa kupon obligasi yang diberikan secara berkala.

Hampir mirip dengan reksadana pendapatan tetap, yang berbeda adalah pengelolaannya. Jika pada reksadana pendapatan tetap manajer investasi cukup aktif melakukan trading demi capital gain, pada reksadana terproteksi manajer investasi lebih pasif. Mereka lebih kepada hold to maturity, menahan hingga jatuh tempo.

Keuntungan Reksadana Terproteksi Bagi Investor Pemula

Dari berbagai jenis reksadana yang ada, reksadana terproteksi yang paling direkomendasikan bagi para investor pemula. Hal ini tidak lepas dari beragam keuntungan yang ditawarkan seperti:

  • Perlindungan penuh bagi modal awal investasi selama tetap dimiliki hingga kurun waktu tertentu
  • Memperoleh return dari kupon
  • Keuntungan yang relatif lebih tinggi dari produk perbankan seperti deposito, dengan risiko yang masih terbilang rendah
  • Modal awal yang tidak terlalu besar

Reksadana Terproteksi Dari DBS Treasures

Sudah yakin ingin memulai investasi dengan reksadana terproteksi? Jika jawaban ya, langkah selanjutnya Anda hanya perlu mencari penyedia produk reksadana yang terpercaya seperti di DBS Treasures.

  • Investasi dengan Aset Terpercaya

Di DBS Treasures, produk investasi reksadana terproteksi dikelola oleh manajer investasi yang terkemuka serta handal di bidangnya sehingga terjamin keamanannya.

  • Diberi Panduan Bagaimana Agar Bijak Berinvestasi

Di sini Anda akan diberikan panduan terkait investasi guna menambah wawasan. Dengan begitu Anda bisa menentukan tujuan investasi dan memilih produk investasi dengan lebih bijak dan terencana.

  • Mendapatkan Jadwal Pembayaran Kupon Regular

Anda juga akan menerima jadwal pembayaran kupon sebagai keuntungan dari reksadana terproteksi tempat Anda berinvestasi.

Cara investasi reksadana terproteksi cukup mudah. Anda hanya perlu membeli ketika masa penawaran investasi berlangsung. Untuk memperoleh proteksi atas modal awal, Anda harus mengikuti masa investasi yang sudah ditentukan oleh manajer investasi. Sangat cocok untuk investasi jangka menengah dan Anda investor pemula yang suka tantangan dan mengharap keuntungan tinggi.

Jangan tunda lagi, segera nikmati keuntungan reksadana sebagai investasi yang aman, terencana dengan hasil yang menguntungkan. Pilihan tepat bagi investor pemula, yang siap dengan tantangan risiko untuk mendapat keuntungan yang diharapkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *