Terapi Renang, Program Aman dan Menyenangkan untuk Penderita Skoliosis

  • Whatsapp
Terapi-Renang-Program-Aman-dan-Menyenangkan-untuk-Penderita-Skoliosis
Foto dari Canva Pro

Berenang merupakan salah satu latihan yang umum disarankan pada terapi skoliosis di Jakarta. Bukan tanpa alasan olahraga air tersebut dianjurkan dokter bagi penderita skoliosis. Gerakan saat berrenang tak akan memberikan beban berlebih pada tulang belakang selama tubuh berada di dalam air. Dengan begitu, tingkat kelengkungan ke samping pun tak bakal bertambah.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mempraktikannya, masih ada sejumlah fakta yang perlu diketahui dari terapi renang bagi penderita skoliosis.

  • Program terapi renang yang sesuai

Karena ditujukan untuk menjaga bentuk tulang belakang, teknik renang yang diberikan untuk penderita skoliosis tentunya berbeda dari non pasien. Joging air adalah program yang sering diberikan karena tubuh tak akan merasakan entakan keras selama berada di kolam. Untuk mempraktikkannya, diperlukan peralatan seperti sabuk apung untuk menopang kepala serta bagian atas tubuh.

Ketika memakai sabuk apung, punggung bawah akan tertopang sekaligus mengencangkan otot perut. Ada juga sarung tangan berselaput untuk meningkatkan efisiensi saat Anda bergerak dalam air. Sepatu katak pun dikenakan sebagai proteksi kaku dan menekan gerakan supaya terasa lebih berat sebagai latihan ekstra untuk kaki.

  • Berbagai manfaat melakukan terapi renang

Berdasarkan NYU Langone Medical Center, skoliosis berpeluang memicu nyeri punggung kronis kalau sampai tak ditangani. Namun, berenang dapat meredakannya berkat temperatur air dingin yang akan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh. Kapasitas paru juga ikut meningkat, terutama bagi penderita dengan tingkat lengkungan atau derajat lebih dari 60 derajat.

Selain dari segi fisik, manfaat terapi renang sampai juga pada kondisi mental Anda. Jika rutin dilakukan sesuai anjuran, program ini akan membantu tubuh melepaskan ketegangan yang secara tak langsung menghilangkan stres berlebih. Anda pun bakal merasakan semangat baru dengan energi yang stabil hingga mendapatkan pandangan positif untuk menjalani hidup yang lebih baik.

  • Terapi renang bukan untuk menyembuhkan skoliosis

Walau memiliki banyak manfaat, bukan berarti terapi renang dapat menyembuhkan skoliosis secara permanen. Pasalnya, kelainan deformitas ini bersifat tiga dimensi dan kompleks. Bukan hanya bengkok, kondisi tulang belakang pada penderita skoliosis juga akan berotasi hingga berputar, sehingga tak sembarangan program dapat diterapkan untuk mengatasinya.

Karena bersifat permanen, skoliosis struktural murni tak hanya bisa ditangani dengan terapi renang. Pengurangan derajat kelengkungan baru pun dapat dilakukan melalui bracing serta latihan Schroth. Pada sejumlah kasus, penderita skoliosis bahkan harus menjalani operasi. Walau begitu, terapi renang tetap bisa Anda jalani untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang diharapkan.

Jika terapi renang cocok dengan kemampuan, Anda yang menderita skoliosis dapat berkonsultasi dengan dokter maupun penyedia program. Jadi, Anda dapat menerima teknik yang sesuai agar risiko skoliosis dapat ditekan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *