Sebelum Beli Fire Alarm System, Pastikan Anda Perhatikan Hal-hal Ini!

Sebelum-Beli-Fire-Alarm-System-Pastikan-Anda-Perhatikan-Hal-hal-Ini
Foto dari Canva

Fire alarm system atau sistem alarm pendeteksi api merupakan bagian alarm kebakaran yang digunakan untuk mengenali kemunculan api sesuai perbedaan di lingkungan sekitar. Pemasangan sistem ini juga tak akan membuat orang-orang panik, sebab tak menimbulkan kebisingan. Masyarakat juga tahu kalau mereka harus segera mengevakuasi diri saat alarm berbunyi.

Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati saat hendak membeli fire alarm system dengan fungsi yang berguna untuk banyak pihak. Apa saja poin yang sebaiknya diperhatikan?

  • Memastikan risiko terjadinya kebakaran

Hal pertama yang perlu Anda cek adalah tingkat risiko terjadinya kebakaran. Apakah tempat yang hendak dipasangi alarm riskan mengalami kejadian tersebut atau tergolong aman? Identifikasi setiap risiko walau kemungkinannya kecil untuk menekan hal-hal buruk terjadi di kemudian hari.

Langkah ini penting mengingat fire alarm system bukan cuma bisa mendeteksi kemunculan api. Sejumlah produsen juga menambahkan fitur atau peralatan tambahan yang mencakup sensor panas, pendeteksi asap, hingga sprinkler.

  • Catat secara akurat ukuran dan layout bangunan

Apa hubungan ukuran dan layout bangunan dengan fire alarm system? Faktor ini berkaitan dengan sensor yang nanti menentukan lokasi api sesuai zona. Dalam hal ini, digunakan aplikasi yang terbikin dari kawat sensor terpisah yang memudahkan sensor mengidentifikasi api berdasarkan zonanya.

Semakin luas bangunan, semakin urgen sifat pemasangan alarm kebakaran. Jumlahnya juga harus lebih dari satu untuk memaksimalkan identifikasi. Dengan begitu, peringatan dapat tersebar rata dan menyelamatkan orang-orang di sekitarnya.

  • Pilih peralatan sesuai sistem alarm yang dipakai

Selanjutnya, pilih alat-alat yang sesuai untuk mengantisipasi berbagai skenario. Langkah ini pun membantu Anda melakukan simulasi sesuai kondisi bangunan. Jadi, fire alarm system bisa dipakai dan berfungsi untuk segala potensi membahayakan.

Detektor termasuk alat yang sebaiknya Anda pasang. Beberapa jenis detektor yang biasanya digunakan mencakup fire detector, smoke detector, dan kombinasi keduanya. Pelajari setiap jenis detektor yang tersedia yang memudahkan Anda melakukan evakuasi di kemudian hari.

  • Tambah sistem alarm berkebutuhan khusus

Jika Anda memilih smoke detector (VESDA), deteksi di tahap awal akan membantu mengenali momen kebakaran sedini mungkin. Pemasangannya umum dilakukan di ruangan kecil seperti area konser dan teater bioskop yang biasanya dipenuhi banyak orang.

Bangunan-bangunan seperti museum kerap menggunakan alarm tanpa kabel (wireless). Tujuannya adalah menjaga kerapian bangunan dan kegiatan masyarakat. Ketika kebakaran terjadi, pengunjung juga bisa segera mengevakuasi diri tanpa tersandung atau terjatuh gara-gara kabel.

Jangan abaikan pemeriksaan alarm kebakaran yang akan Anda pasang. Pasalnya, pemasangan sistem akan berdampak pada keselamatan banyak orang. Memang membutuhkan proses yang tak sebentar, tetapi begitu menemukan yang tepat, alarm tersebut akan menjadi peralatan yang berguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *