6 Cara Ganti Air Radiator yang Benar

  • Whatsapp
6-Cara-Ganti-Air-Radiator-yang-Benar
Foto dari Canva Photos Unlimited

Air radiator merupakan salah satu komponen otomotif yang harus sering diperhatikan. Pasalnya, komponen ini memberikan fungsi yang penting dalam keberlangsungan hidup dari mesin terkait dengan suhu mesin. Jika Anda terlambat menggantinya, maka kerusakan akan terjadi pada mesin. Oleh karena itu Anda harus mengerti cara ganti air radiator yang sesuai dan benar.

Waktu Ganti

Anda harus memperhatikan suhu ideal mobil Anda. Pada umumnya, suhu ideal yang aman untuk mobil adalah 85 sampai 95 derajat celcius. Apabila suhu terlalu dingin atau dibawah 85, hal ini bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Begitu juga sebaliknya. Jika terlalu panas atau melewati 95, maka bisa menyebabkan mesin terlalu overheating dan menyebabkan asap keluar dari cap mobil.

Oleh karena itu, Anda juga harus memantau indikator suhu ini. Anda bisa melihatnya melalui indikator yang biasanya terdapat disekitar speedometer. Biasanya beberapa mobil masih menggunakan indikator analog, namun mobil keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan indikator digital.

Cara Ganti

Apabila Anda merasa ada yang salah dengan indikatornya, Anda bisa mengecek terlebih dahulu air radiator yang ada di bagian mesin mobil. Jika Anda ingin menggantinya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Buka Tutup Radiator

Apabila Anda ingin membuka tutup radiator, pastikan terlebih dahulu bahwa mesin mobil Anda dalam keadaan dingin. Apabila Anda memaksa membuka tutup radiator dalam keadaan mesin menyala atau panas, maka bahaya bisa mengincar Anda. Air yang ada di dalam tabung radiator akan menghasilkan uap yang kemudian memberikan tekanan pada udara sehingga air bisa mencuat ke atas. Air yang dihasilkan tersebut merupakan air panas atau air mendidih.

2. Buka Baut

Langkah berikutnya Anda bisa membuka baut yang di bagian bawah saluran pembuangan radiator. Apabila Anda sudah berhasil membuka baut, maka air radiator yang ada di dalam tabung akan mengalir keluar dengan sendirinya. Namun, saat membuka baut pastikan Anda membukanya dengan perlahan. Membuka dengan terburu-buru bisa mengakibatkan baut rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

3. Keluarkan Air

Berikutnya, Anda bisa membiarkan air radiator yang ada di dalam tabung mengalir keluar sampai habis. Apabila air sudah terkuras habis, jangan lupa isi dan semprot radiator dengan air bersih lainnya untuk menghilangkan kotoran maupun kerak akibat pemakaian. Lakukan proses ini beberapa kali sampai tabung radiator terlihat bersih tanpa kerak.

4. Tutup Baut

Apabila proses pembersihan tabung radiator telah selesai, Anda bisa menutup baut di bagian bawah tabung radiator dengan rapat. Sebelum mengisi air kembali, pastikan Anda menutup baut dengan rapat. Hal ini mencegah agar air radiator tidak menetes. Apabila Anda tidak aware dengan hal ini, kerusakan bisa terjadi pada mobil Anda salah satunya adalah overheat..

5. Isi Coolant

Anda bisa mengisi radiator yang telah dibersihkan dengan radiator coolant. Fungsi dari cairan ini adalah menyerap panas dan dapat mencegah korosi pada mesin. Cairan ini biasa dipakai karena cairan ini memiliki titik beku yang lebih rendah dan titik didih lebih tinggi jika dibandingkan dengan cairan biasa atau lainnya. Masa pakai dari cairan ini bisa bertahan sekitar 6 bulan atau 10.000 km.

6. Tutup Kembali Radiator

Jika semua proses telah Anda lakukan dengan benar, maka Anda bisa menutup kembali katup radiator mobil Anda. Cek kembali pada indikator yang ada di dalam mobil. Apabila saat Anda menyalakan mesin pada pertama kali dan indikator menunjukkan berada posisi tengah, berarti radiator dalam kondisi normal kembali. Mobil pun siap digunakan untuk jalan.

Nah demikianlah beberapa langkah atau cara ganti air radiator yang bisa Anda coba sendiri. Perlu Anda ingat, apabila Anda mulai merasakan mesin gampang panas setelah radiator dibersihkan, bisa jadi cairan coolant sudah habis masa pemakaiannya. Sebagai pencegahannya, sebaiknya dilakukan penggantian cairan coolant sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *