5 Tips Mengatasi Kerusakan Barang selama Proses Pengiriman ke Luar Negeri

  • Whatsapp
5-Tips-Mengatasi-Kerusakan-Barang-selama-Proses-Pengiriman-ke-Luar-Negeri
Foto dari Canva Pro

Saat ini layanan pengiriman barang ke luar negeri sudah semakin mudah untuk dijangkau. Anda bisa berkirim barang kemana saja, termasuk Amerika. Ongkir ke Amerika dan negara-negara lainnya juga saat ini semakin bersaing. Banyak jasa ekspedisi yang memberi penawaran ongkir terjangkau sehingga memungkinkan siapa saja untuk menggunakan jasa tersebut.

Tips Mengatasi Kerusakan

Jasa ekspedisi pasti akan mengusahakan barang sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Hanya saja seringkali terjadi hal-hal tak terduga dan membuat barang akhirnya rusak di tengah jalan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat harus mengatasi kerusakan barang selama proses pengiriman ke luar negeri:

1. Gunakan Asuransi

Penting sekali untuk menggunakan asuransi selama proses pengiriman barang ke luar negeri. Gunakan layanan asuransi yang aman dan terpercaya. Pastikan bahwa layanan asuransi yang Anda pakai bisa memberi jaminan terbaik untuk barang Anda. Jika ada kerusakan, segera ajukan klaim asuransi tersebut agar ada ganti rugi yang tepat untuk meminimalisir kerugian Anda.

2. Ajukan Komplain

Segera ajukan komplain ke layanan jasa ekspedisi yang Anda gunakan. Hubungi layanan customer service dan berikan komplain mengapa barang bisa sampai rusak di tengah jalan. Jangan ragu untuk mengajukan komplain, apalagi jika Anda sudah membayar ongkir cukup mahal. Ingat, ongkir ke Amerika maupun negara-negara lain tidak murah jadi Anda berhak mendapat pelayanan yang terbaik.

3. Tunjukkan Bukti Foto

Sebelum mengirimkan barang, ambillah foto barang tersebut. Jika nantinya ada kerusakan barang, maka foto barang sebelum dan sesudah dikirim dapat dibandingkan. Bisa dibuat perbandingan barang sebelum dan sesudah kerusakan. Ini bisa jadi bukti akurat untuk disertakan ketika Anda mengajukan komplain dan menuntut ganti rugi kepada pihak jasa ekspedisi.

4. Cek Tingkat Kerusakan

Pastikan Anda sudah memeriksa tingkat kerusakan barang yang dikirim. Jika kerusakannya tergolong ringan dan bisa diatasi maka cukup ajukan keluhan tanpa minta ganti rugi. Namun, jika kerusakannya tergolong parah dan membuat barang cacat maka ganti rugi bisa diajukan. Hanya saja pastikan bahwa kerusakan tersebut bukan karena kesalahan pribadi Anda seperti kesalahan packing misalnya.

5. Pelajari Aturan Perjanjian

Saat ada kerusakan barang dalam proses pengiriman, pelajari dulu seperti apa aturan perjanjiannya. Jasa ekspedisi pasti akan memberikan aturan khusus yang berhubungan dengan layanan pengiriman barang mereka. Baca kembali peraturan ini dan pelajari dulu supaya bisa mengajukan komplain dengan baik dan benar serta bisa mendapat ganti rugi sesuai hak Anda sebagai pelanggan.

Itulah tadi beberapa tips mengatasi kerusakan barang selama proses pengiriman. Ongkir ke Amerika maupun negara lainnya memang tidak bisa dianggap ringan. Apalagi jika barang yang Anda kirim memiliki nilai yang berharga. Pastikan untuk melindungi barang Anda sebaik mungkin dan percayakan prose spengiriman pada jasa yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *